Teori Atom Dalton

Teori Atom Dalton - Dewasa ini banyak yang mengemukakan teori mengenai atom, tetapi teori atom yang paling tua adalah teori atom Dalton. Seperti yang anda ketahui, bahwa John Dalton adalah seorang guru di Inggris juga ilmuan kebangsaan Inggris, yang mempublikasikan teorinya tentang atom pada tahun 1808 dalam A New System of Chemical Philosiphy

Berdasarkan hasil eksperimen John Dalton, Dalton menyimpulkannya sebagai berikut :
  1. Semua materi terdir dari partikel yang tidak dapat dibagi lagi
  2. Semua atom dari unsur kimia tertentu memiliki massa dan sifat yang sama.
  3. Unsur kimia yang berbeda akan memiliki jenis atom yang berbeda.
  4. Selama reaksi kimia, atom- atom hanya dapat bergabung dan dipecah menjadi atom- atom yang terpisah, tetapi atom tidak dapat dihancurkan dan tidak dapat diubah selama reaksi kimia tersebut.
  5. Suatu senyawa terbentuk dari unsur- unsurnya melalui penggabungan atom tidak sejenis dengan perbandingan yang sederhana

Kelemahan Teori Atom Dalton :
  1. Dalton mengemukakan bahwa atom tidak dapat dibagi lagi, namun seiring dengan perkembangan jaman, diketahui bahwa atom masih dapat dibagi lagi yang terdiri atas proton, neutron, dan elektron.
  2. Dalton mengemukakan bahwa atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, ternyata  satu atom dapat di ubah kedalam unsur atom lainnya menggunakan reaksi nuklir.
  3. Dalton berpendapat bahwa atom pada suatu unsur memiliki persamaan (massa, ukuran dan bentuk), kini dengan adanya isotop, isoton, isobar. Teori tersebut dapat dibuktikan.
  4. Menurut Dalton, perbandigan unsur dalam suatu senyawa memiliki perbandingan bilangan yang bulat dan sederhana. Namun, kini banyak ditemui senyawa dengan perbandingan bilangan yang tidak bulat dan tidak sederhana. contoh : C18H35O2Na
Kelebihan Teori Atom Dalton :
  1. Kita dapat menjelaskan apa itu hukum kombinasi kimia
  2. Dalton adalah ilmuan pertama yang mengakui perbedaan yang dapat diterapkan antara partikel dari suatu unsur atau dari suatu senyawa.
Latest


EmoticonEmoticon