Interaksi antar Individu dalam Ekosistem

Interaksi antar Individu dalam Ekosistem - Berbicara tentang ekosistem, pasti tidak lepas dari yang namanya interaksi. Dalam ekosistem pasti terjadi interaksi baik antar-individu ataupun antar-populasi. Masing masing individu tidak dapat bertahan hidup sendiri dan mereka saling ketergantungan satu sama lain, sehingga membentuk satu kesatuan yang harmonis. Interaksi dalam ekosistem ini pada akhirnya akan melibatkan beberapa pola yakni interaksi antar-individu atau antar-organisme, interaksi antar-populasi serta interaksi antar-komunitas. Interaksi yang seimbang dan searah akan berujung pada keseimbangan ekosistem yang menghasilkan keharmonisan.

Interaksi antar individu

Interaksi yang terjadi antar-individu merupakan suatu hal yang mutlak, karena suatu individu tidak dapat lepas dari individu lainnya. Interaksi tersebut dapat kita jumpai di dalam sebuah populasi atau dalam sebuah komunitas. Interaksi antar-individu dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya :
  • Simbiosis 
    • Simbiosis Mutualisme
 
Simbiosis Mutualisme yaitu hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda dimana keduanya daling menguntungkan. Contoh : hubungan di antara jamur dan ganggang, hubungan bunga dan lebah, burung jalak dan juga badak dan masih banyak lagi lainnya. Hubungan antara bunga dan lebah misalnya, keduanya mendapatkan keuntungan dimana lebah mendapatkan madu bunga sekaligus membantu bunga dalam melakukan penyerbukan. 



    •  Simbiosis Komensalisme
 

Simbiosis Komensalisme yaitu hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda dimana yang satu merasa diuntungkan sedangkan yang satu tidak merasa diuntungkan maupun dirugikan. Contoh : hubungan bunga anggrek dengan inangnya, ikan hiu dengan ikan remora. Bunga anggrek yang menempel pada inangnya tidak merugikan inangnya dan tidak menguntungkan inangnya, karena bungan anggrek dapat membuat makanannya sendiri.
    • Simbiosis Parasitisme
 

Simbiosis Parasaitisme yaitu hubungan antara dua makhluk hidup yang mana makhluk hidup yang satu merasa diuntungkan dan yang satu merasa dirugikan. Contoh : benalu pada pohon mangga, Kutu di rambut manusia, jamur di kulit manusia, cacing pita di lambung dan masih banyak lagi.
  • Antibiosis
Antibiosis yaitu pola hubungan antara makhluk hidup dimana suatu individu dapat mengeluarkan suatu zat yang dapat membahayakan individu lainnya. Contoh : Ular mengeluarkan bisanya, cumi-cumi mengelurakan tinta berwarna hitam gelap, jamur mengeluarkan racun dan masih banyak lagi.
  • Predatorisme
 

Predatorisme yaitu hubungan antara makhluk hidup dimana saling memangsa satu sama lain. Akibatnya terjadi rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Contoh : harimau memangsa zebra, kucing memangsa tikus, kucing dimangsa ular dan sebagainya.

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, banyak kekurangannya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam . . . .
First

4 komentar

Ini materi pelajaran sd ya gan? Ngingetin masa kecil nih bermanfaat artikelnya

artikelnya menarik, bikin wawasan bertambah. :-bd

makasih gan udah visit... :)D

hehe dari SD sampai SMA ada materi ini gan, cuma ada perkembangannya


EmoticonEmoticon